INFOMIGAS.ID | Jakarta–pemerintah berupaya untuk membatasi penggunaan Pertalite agar lebih tepat sasaran. Upaya pembatasan ini mengacu pada rencana perubahan Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Namun, pemerintah presiden Prabowo hingga kini belum kunjung menekennya.
Sejumah model mobil yang berseleweran di jalan berkemungkinan untuk menggunakan BBM bersubsidi jenis Pertalite di tahun ini.

Sebelumnya, Anggota Komite BPH Migas Abdul Halim pernah mewacanakan penghapusan penggunaan minyak partilate untuk mobil dengan kapasitas mesin lebih dari 1.400 cc.Jika aturan itu berlaku, hanya mobil-mobil dengan kapasitas mesin di bawah 1.400 cc lah yang boleh ‘menenggak’ BBM jenis Pertalite.
BACA JUGA
Mengukur Kemampuan Indonesia Hentikan Impor Minyak Dari Singapura
Jika merujuk kepada kapasitas mesin, mobil mobil berikut ini yang masih boleh memakai Pertalite:
– Mercedes-Benz A-Class 1.332 cc
– Mercedes-Benz CLA 1.322 cc
– Mercedes-Benz GLA 200 1.332 cc
– Mercedes-Benz GLB 1.332 cc
– Renault Kiger 999 cc
– Renault Kwid 999 cc
– Renault Triber 999 cc
– Audi Q3 1.395 cc.
– Daihatsu Ayla 998 cc dan 1.197 cc
– Daihatsu Sigra 998 cc dan 1.197 cc
– Daihatsu Sirion 1.329 cc
– Daihatsu Rocky 1.329 cc
– Daihatsu Xenia 1.329 cc
– Suzuki Ignis 1.197 cc
– Suzuki S-Presso 998 cc
– Honda Brio 1.199 cc
– Kia Picanto 1.248 cc
– Kia Seltos bensin 1.353 cc
– Kia Rio 1.348 cc
– Toyota Agya 1.197 cc
– Toyota Calya 1.197 cc
– Toyota Raize 998 cc dan 1.198 cc
– Toyota Avanza 1.329 cc
– Wuling Formo S 1.206 cc
– Nissan Kicks e-Power 1.198 cc
– Nissan Magnite 999 cc
– DFSK Super Cab Diesel 1.300 cc
– Peugeot 2008 1.198 cc
– Volkswagen Tiguan 1.398 cc
– Volkswagen Polo 1.197 cc
– Volkswagen T-Cross 999 cc
– Tata Ace EX2 702 cc. [*]